Selasa, 02 Juli 2013

BAB III

BAB III
METODOLOGI PENULISAN


3.1.      Flowchart Penulisan
            Flowchart adalah penjelasan mengenai suatu proses pembuatan penulisan yang berupa grafis. Pembuatan flowchart pada penjelasan proses adalah agar setiap pembaca dapat mengetahui proses pembuatan dari awal sampai akhir dan diagram alir cukup menarik untuk media menjelaskan suatu proses. Diagram alir dari penulisan laporan akhir ini sebagai berikut:
  


Gambar 3.1 Diagram Alir Metodologi Penulisan

3.2              Penjelasan Flowchart Penulisan
Diagram alir pembuatan laporan akhir praktikum ini dimulai dengan membuat landasan teori. Landasan teori dibuat sebagai acuan untuk membuat penulisan. Dengan menggunakan teori-teori yang sudah ada lebih memudahkan untuk mengidentifikasi masalah-masalah lingkungan yang mungkin ditimbulkan. Tahap selanjutnya adalah pembuatan tujuan penulisan. Tujuan penulisan merupakan tujuan-tujuan yang ingin didapat dari pembuatan makalah Analisa Mengenai Dampak Lingkungan ini. Langkah selanjutnya adalah pengambilan data dengan cara survey langsung ke lapangan. Pengambilan data di sini dilakukan dengan cara mnanyakan langsung ke masyarakat sekitaran pasar tentang dampak yang ditimbulkan dengan berdirinya pasar tersebut. Baik dampak positif maupun negatif. Apabila data yang di dapat sudah cukup dan sesuai untuk diolah lanjutkan ke tahap pengolahan data namun apabila data yang di ambil belum cukup kembali ke tahap pengambilan data,
Pengolahan data dapat dilakukan apabila data yang diambil sudah benar-benar cukup dan memungkinkan untuk dilakukan pengolahan data. Pengolahan data yang dilakukan berupa analisis, yang bertujuan untuk memperbaiki dampak negatif yang didapatkan dari adanya pembangunan pasar bagi masyarakat sekitar. Langkah terakhir dari penulisan ini adalah kesimpulan dan saran. Kesimpulan berdasarkan isi tulisan secara garis besar mengenai semua dampak yang dihasilkan dari berdirinya pasar tersebut. Kesimpulan didapat dari jawaban pertanyaan yang ada pada tujuan penulisan yang terdapat pada bab I. Saran adalah masukan-masukan yang di berikan agar pasar yang dijadikan tempat penelitian tersbut dapat menjadi lebih baik kedepannya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar